Sebelum melakukan DSST, harus melakukan compatibility test dulu, baik dengan formation water di sumur maupun chemical lain yang digunakan di GC. Masing masing lapangan akan berbeda tergantung characteristicnya.

Tanya – Victor Manik

Dear Rekan Milis Migas,

Mohon bantuannya mendiskusikan tentang Downhole Scale Squeeze Treatment.

Sebelum melakukan eksekusi pada sumur kandidat yang telah ditentukan, kira-kira apa saja persyaratan yang harus diperhatikan sebelum mengeksekusi sumur kandidat tersebut?? Seperti SI, pH dan Hardness nya berapa??

Tanggapan 1 – Ardianto H

Sebelum melakukan DSST, anda harus lakukan compatibility test dulu, baik dengan formation water di sumur maupun chemical lain yang digunakan di GC. Masing masing lapangan akan berbeda tergantung characteristicnya.

Lakukan juga Water Analysis Untuk study dulu sebelum menentukan Batas SI dimana anda harus memulai treatment. Untuk lap Duri, saya gunakan 2.15 Odo Thomson. Inhibitor yang digunakan adalah phosphonate BHMT. Lapangan anda yang cocok inhibitor jenis apa ?. Water sampling untuk menentukan Phosponate residual content (PRC)harus anda lakukan seminggu sekali pada 2 bulan pertama, setelah itu bisa 2 bulan sekali.

Jadi intinya harus anda lakukan study dulu sebelum menentukan jenis chemical, SI, pH dan batas ambang PRC harus di ReDSST.
Coba cari di SPE tulisan tentang DSST dari Charlie Hinrichsen.

Tanggapan 2 – Victor Manik

Terima kasih Pak Ardi buat masukannya..

Setelah diberi data-data kandidat sumur DSST, saya lakukan water analysis utk pengukuran pH, Hardness dan SI. Inhibitor yang saya gunakan phosphonate type BHMT juga.
Pengukuran SI nya menggunakan software Oddo – Thomson juga..

Saya sudah baca beberapa literatur dari SPE paper, Pak..

Ada beberapa persyaratan yg saya belum tahu alasannya, seperti :

1. Hardnessnya < 300 ppm

2. SI < 2,15

Jika suatu sumur memiliki hardness 450 ppm dan SI 2,91, kira-kira masih bisa dieksekusi dengan inhibitor BHMT ini mas??

Scale controlnya 15 ppm.

Lifetime 6 bulan.

Please advice Pak..