Drawing merupakan jantung dan hal yang penting dalam pekerjaan ,project ,atau sifatnya dokumen tersimpan. Dalam hal ini ada macam2 status drawing. Untuk status drawing for information ini sifatnya masih tahap awal drawing yang hanya untuk informasi awal , sebagai referensi engineering ataupun bidding. Biasanya dilanjutkan ke tahap for aprroval yang pada tahap ini masih terdapat beberapa review dan persetujuan dari owner ataupun tim engineer.. Dan pada tahap drawing for construction itu langsung bisa digunakan ataupun di distribusikan di lapangan dan harus di kendalikan. Biasanya hanya drawing yang for construction yang hanya bisa beredar dilapangan.. Dan terakhir biasanya ada as built drawing yang merupakan drawing paling up date yang dibuat berdasarkan mark up drawing yang di buat field engineer sesuai kondisi dan perkembangan dilapangan. Yang akan di simpan dan di dokumentasikan sebagai acuan pembuatan up grade project yang akan datang.

Tanya – kusuma prabowo

dear rekan2,

mohon informasi dari rekan2 ttg drawing.karena ada drawing dgn status for information,for construction,for approval,for final,etc.
yg saya ingin tahu adalah pengertian masing2 status dan bagaimana tingkatan status drawing dari awal hingga akhir (digunakan sbg acuan di lapangan).
terima kasih.

Tanggapan 1 – Riksha Lenggana

Rekan Kusuma,

Sependek pengetahuan saya, memang ada beberapa jenis drawing berdasarkan tingkatan submission/status-nya.

untuk drawing berstatus : For (Your) Information only, ini lebih menunjukkan drawing untuk referensi saja. tidak untuk dikerjakan.

drawing berstatus IFA (issued for approval), dri kata-katanya sudah jelas. bahwa drawing ini merupakan drawing submission dari vendor/kontraktor yang meminta persetujuan client/pemesan apakah sudah sesuai dengan permintaan client. di sini, drawing belum boleh di eksekusi, alias material yang ada belum boleh di-apa-apa-in.

drawing berstatus IFC (issued for construction), adalah status yang lebih tinggi dari IFA.
jelas, drawing yg dimintakan approval sudah mendapat persetujuan client untuk di eksekusi. di saat status ini pun,drawing masih di-review oleh client. hanya item yng incorporated (di setujui saja) yang boleh di eksekusi/erected.

drawing berstatus FINAL : gambar terakhir di mana tidak ada lagi komentar client mengenai barangnya & material sudah sepenuhnya boleh ‘di-cincang’ alias di potong sesuai kebutuhan.

AS BUILT.

status drawing ini, ‘as it is’. atau bahasanya, drawing yang menunjukkan apa adanya dimensi/desain barang yang di buat. kalo di drawing FINAL tertulis dimensi sepanjang 500mm, lalu di AS BUILT mengacu pada dimensi sebenarnya yang bisa aja kenyataannya menjadi 570mm.

CMIIW, maaf kalo penjelasannya belepotan.

Tanggapan 2 – ‘dimas’ dimas_ariestyanto

Simple aja,pak. Pengertian masing2 sesuai namanya.

Biasanya dimulai dari issue for comment, terus issue for approval, terus approved for construction, terakhir as built.

Tanggapan 3 – panca.satri

Dear mas kus

Tentunya drawing merupakan jantung dan hal yang penting dalam pekerjaan ,project ,atau sifatnya dokumen tersimpan. Dalam hal ini ada macam2 status drawing. Untuk status drawing for information ini sifatnya masih tahap awal drawing yang hanya untuk informasi awal , sebagai referensi engineering ataupun bidding. Biasanya dilanjutkan ke tahap for aprroval yang pada tahap ini masih terdapat beberapa review dan persetujuan dari owner ataupun tim engineer.. Dan pada tahap drawing for construction itu langsung bisa digunakan ataupun di distribusikan di lapangan dan harus di kendalikan. Biasanya hanya drawing yang for construction yang hanya bisa beredar dilapangan.. Dan terakhir biasanya ada as built drawing yang merupakan drawing paling up date yang dibuat berdasarkan mark up drawing yang di buat field engineer sesuai kondisi dan perkembangan dilapangan. Yang akan di simpan dan di dokumentasikan sebagai acuan pembuatan up grade project yang akan datang.

Demikian semoga membantu.

Tanggapan 4 – hadi muttaqien

Yang benar sebetulnya drawing dengan status Appproved atau revisi A atau F (tergantung penentuannya) ‘FOR CONSTRUCTION’ yang dipakai untuk pelaksanaan pekerjaan, tapi saya juga pernah menemukan status drawing status di bawahnya sambil proses engineering ,di lapangan juga berjalan. Tergantung sih dengan keadaan proyek masing2.
Malah ada yang tidak memakai istilah ‘Construction Drawing’ tapi ‘Soft Drawing’ (saya temukan di sistim amerika), yang menurut saya sih itu ‘detail Drawing’ (pelaksaan gambar engineering, sebelum pelaksanaan di lapangan. Bisa juga sebelum bidding).
Memang tiap proyek mempunyai sifat2 engineering / construction yang berbeda. Disesuaikan dengan kondisi proyek.

Tanggapan 5 – Andryanto Sudirman

Dear Mas Kus,

Sebagai tambahan dari pak panca, biasanya ada juga drawing yg bersifat untuk tender yang akan diajukan pada saat tender..biasanya issued for tender dan relesed for tender, selain dari itu sudah disebutkan oleh pak panca. sekian dan tks