Hoist merupakan bagian dari lifting equipment yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan beban semisal drum pada crane. Sedangkan lifting device merupakan alat tambahan yang bukan merupakan bagian dari lifting equipment yang bersangkutan semisal spreader bar.

Tanya – renop noprianto

Dear All

Mohon pencerahannya.
Apa definisi mendasar pada Hoist equipment dan Lifting equipment?

Seperti definisi sling vs wire rope, machine vs engine, boring vs drilling,etc-semuanya serupa tapi tak sama.

Kalau lihat ASME B30.16 ada definisi seperti ini:

hoist: a suspended machinery unit that is used for lifting or lowering a freely suspended (unguided) load.

lifting devices: devices that are not normally reeve onto the hoist rope or chain, such as hook-on buckets, magnets, grabs, and other supplemental devices used for ease of handling certain types of loads. The weight of these devices is to be considered part of the load to be lifted.

b>Tanggapan 1 – Bagus Mulandono

Dear Pak Reno,

Kalau menurut saya, hoist merupakan bagian dari lifting equipment yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan beban semisal drum pada crane. Sedangkan lifting device merupakan alat tambahan yang bukan merupakan bagian dari lifting equipment yang bersangkutan semisal spreader bar.

Mohon koreksinya dari rekan-rekan senior migas.

b>Tanggapan 2 – Husain Tohari

Dear pak reno,

Menurt saya, untuk hoist equipment itu bagian dari lifting equipment dimana lebih spesifik pada penggerak wire ataupun chain untuk proses lifting. Sebagai contoh adalah winch dri crane tersebut ad main dan auxiliary hoist begitu pula pada overhead crane.

Sedangkan lifting equipment lebih global yaitu segala yg berkenaan dengan peralatan yg digunakan pad proses lifting, sebagai contoh adalah hook, block, etc.

Diatas merupakan bagian dari crane pada umumx, basicly lifting equipment hanya digunakan pada proses lifting dengan cara memberikan perbedaan ketinggian dari lantai (secara vertikal) sedangkan hoist equipment bisa untuk pengangkatan dan penggeseran (vertikal maupun horisontal).mohon koreksi pada senior lofting jika ada salah alias CMIIW…

b>Tanggapan 3 – Mahadi Capah

Pagi Pak Reno,

Saya coba jelaskan perbedaan keduanya,

Menurut Australian Standard(AS) 2546(1996):

Hoist: An appliance intended for raising and lowering a load or people, vertically and without slewing which includes a mast climbing work platform, personnel materials hoist, scaffolding hoist and serial hoist but does not include a lift or building maintenance equipment

Lifting attachment/device:

An attachment from which a load can be suspended

Dari pengertian tersebut, hoist adalah alat untuk menaikturunkan beban/manusia yang dipasang tidak hanya pada crane, juga di scaffolding, working platform, dna kegunaan lainnya, biasanya menggunanakan Non Rotating wire sling…

Lifting attachment/device/gear

Alat tambahan untuk hoist seperti hook, spreader bar, dan juga untuk reeve atau choke sprt shackle, sling, dan alat ringging lainnya,
Perlu di luruskan juga, bahwa SLING bukan wire rope, tapi sling adalah lifting device yang dipakai untuk mengikat/mengangkat load/manusia, dimana sling ada 3 yaitu:

1. Webbing sling(round dan flat webbing sling)

2. Chain Sling(yang dipakai sekarang adalah grade 80)

3. Flexible steel wire rope atau dikenal dengan tambang baja(untuk lifting : Konstruksi minimum 6X19 dan minimum diameter adalah 8 mm)