Mungkinkah seorang pns pindah / mengundurkan diri dari pns dan melamar kerja di bumn migas (gas negara, pertamina dll)? Apakah akan bermasalah / di black list oleh BKN karena bumn notabene juga dikelola pemerintah.

Tanya – M Ubaydillah Ema Maulana

mohon pencerahan dan sarannya

Mungkinkah seorang pns pindah / mengundurkan diri dari pns dan melamar kerja di bumn migas (gas negara, pertamina dll)?

Apakah akan bermasalah / di black list oleh BKN karena bumn notabene juga dikelola pemerintah. Terimakasih.

Tanggapan 1 – supriyanto_sikumbang

Tenang aja, Gak akan bermasalah di blacklist sama bkn pak. pns itu beda, beda peraturannya gak ada hubungannya sama pegawai bumn pak. Kalo pns kan aparatur negara yg diadministrasikan oleh bkn diatur oleh menpan. Sedangkan pegawai bumn itu dibawah menteri bumn diatur oleh menakertrans pak. Kl bpk mau melamar ulang di bumn Yg penting bpk punya skill yg dibutuhkan bumn itu mau nerima bpk.

CMIIW pak, sy pernah dengar kalo pns bisa langsung dirubah statusnya/diambil jadi karyawan bumn loh pak. sejarahnya dulu waktu pptmgb lemigas (pusdiklat migas) cepu pisah sama pertamina banyak pns pptmgb lemigas yg otomatis diperbantukan statusnya di pertamina ada juga yg langsung dirubah statusnya jadi karyawan bumn pertamina dan gak ada masalah dengan bkn tapi asalkan diijinkan sama pimpinannya pak.tapi ada juga pns lainnya yg ikut2an mengajukan petisi untuk dirubah juga menjadi karyawan pertamina tapi gak berhasil karena gak diperbolehkan oleh pimpinannya. Yg sy dengar mereka pns2 itu lebih memilih dirubah menjadi karyawan bumn pertamina karena kesejahteraannya yg melebihi pns pak.

Jadi kalo bpk mau jadi karyawan bumn ya bisa diperbantukan dengan ijin pimpinan bpk bumn tersebut mau menerima bpk, ato bpk bisa keluar dengan terhormat sebagai pns dl lalu melamar ulang ke bumn tersebut kalo bpk gak diijinkan oleh pimpinan bpk.

Tanggapan 2 – M Ubaydillah Ema Maulana

terimakasih atas penjelasannya, kalo boleh tau proses diperbantukan itu gimana ya? apakah kita boleh mengajukan minta untuk membantu di bumn x atau kita diminta bumn x baru kita boleh pindah. dan proses resign dari pns brapa lama ya?

Tanggapan 3 – supriyanto sikumbang

CMIIW pak, proses diperbantukan itu hanya kalo ada surat edaran kebutuhan pns/tenaga ahli dari BUMN atau BPH Migas/DEN/LPND/instansi lainnya yang membutuhkan pak. PNS yang berminat untuk diperbantukan dapat mengajukan permohonan kepada atasannya untuk diperbantukan pak. kalo dia diijinkan oleh atasannya tersebut barulah dia bisa diperbantukan dengan gaji pns ditambah gaji dan tunjangan dari BUMN/BPH Migas/LPND. Bisa juga pak kalo pns yang diperbantukan dimana perusahaan swasta/KKKS yang langsung meminta si pns tersebut kepada unit/instansi asal si pns tersebut dapat mengajukan kontrak kerjasama penggunaan tenaga dengan dengan instansi/unit asal si pns tersebut dengan masih mendapatkan gaji pns dan mendapatkan bagi hasil 40 % dari gaji di KKKS untuk si pns tersebut dan 60 % gaji di KKKS untuk instansi/unit asal si pns tersebut.

Proses resign dari pns sebenarnya mudah cuma terkadang dibuat sulit oleh oknum2 PNS. kalo lihat dari teman saya yg memang punya integritas yg berhasil resign dari ppptmgb lemigas di cipulir lalu melamar dan diterima BP Migas butuh waktu mulai dari pengajuan permohonan resign hingga resign nya sah selama sekitar 1-2 tahun yang dibuktikan dia menerima SK pengunduran diri dengan terhormat dari kepala biro kepegawaian kementerian ESDM pak. itu juga kalo kantor/unit/instansi tempat si pns tersebut mau mengurus pengunduran diri secara terhormat si pns yg mengajukan pengunduran diri tersebut. CMIIW pak, malahan sy dengar kalo ada pns dari suatu unit/instansi yg status permohonan pengunduran diri terhormatnya berubah menjadi berhenti dengan tidak hormat karena tidak disetujui oleh atasannya sehingga unit/instansinya tidak mau mengurus pengunduran diri dengan terhormatnya Pak. dia jadinya dianggap oleh unit/instansinya mangkir tanpa keterangan pak.

pokoknya dalam urusan pns itu pada intinya harus ada ijin dari atasan si pns tersebut dan penuh KKN nya pak. kita tahu sendiri pak di pns itu kotor dan banyak oknumnya pak. bapak kan pns pasti udah tahu gimana cara menangani oknum2 pns tersebut pak.