GE Oil & Gas telah menyimpulkan sejumlah kontrak development project offshorenya.

Penulis : Offshore staff

GE Oil & Gas telah menyimpulkan sejumlah kontrak development project offshorenya.

GE Oil & Gas akan menyediakan rotating equipment, subsea production systems, dan connectors untuk project Ichthys LNG di offshore barat laut Australia untuk lebih dari 1 milyar dolar. Beberapa dari total itu termasuk hardware onshore.

Ichthys adalah joint venture antara INPEX (76%, operator) dan Total (24%). Gas dari Ichthys, di Browse basin kira-kira 200 km (124 mi) offshore dari Western Australia, yang akan menjalani preliminary processing offshore untuk remove water dan extract condensate. Gas kemudian akan menuju fasilitas processing onshore di Darwin melalui pipeline subsea 889-km (552-mi).

Ichthys diharapkan akan memproduksi 8.4 juta ton LNG dan 1.6 juta ton LPG per annum, bersama dengan kira-kira 100,000 b/d condensate pada puncaknya.

GE akan menyediakan rotating equipment, yang meliputi gas turbin dan kompresor, untuk LNG plant baru di Blaydin Point, dekat Darwin, dan associated floating production storage dan offloading serta pusat fasilitas processing di Browsw basin. Ditambahkan pula, GE akan menyediakan system produksi subsea untuk sebagian offshore dari project serta subsea connector untuk pipeline ke Darwin.

Di North Sea, GE akan menyediakan surface dan subsurface production equipment serta control untuk Nexen Golden Eagle development dengan kontrak yang dapat mencapai 170 juta dolar dari life project.

Golden Eagle akan mencakup combined production, utilities, dan accommodation platform yang dihubungkan ke wellhead platform terpisah, dengan 16 platform-based wells, a phased subsea well development, dan associated in-field serta export pipeline infrastructure.

Berdasarkan satu kontrak, GE akan menyediakan wellheads, christmas trees, dan additional equipment untuk subsea dan platform applications.

Berdasarkan kontrak terpisah, GE akan menyediakan subsea control systems, termasuk SemStar5 subsea electronics modules terakhir GE.

Jadwal project meminta equipment dikirim tahun ini dan dipasang selama tahun 2013, dengan commercial production akan dimulai pada selambatnya tahun 2014.

GE juga mengumumkan pilihannya dengan SBM Offshore untuk menyediakan equipment untuk FPSO yang akan digunakan di bagian lahan minyak Tupi, Guará Norte di deepwater Santos basin offshore Brazil.

GE akan menyediakan empat LM2500+G4 aeroderivative gas turbines, dua turbocompressor trains yang dikendalikan oleh GE PGT25 gas turbines untuk CO2 compression dan enam EM yang dikendalikan GE compressors, bersama dengan service yang terkait, pada akhir tahun 2012.

FPSO akan bekerja di perairan kedalaman 2,300 m (7,545 ft) dan didesain untuk memproses 150,000 b/d production fluids; dengan memproses 6 MMcm/d associated gases; dan dengan meng-inject 180,000 b/d water. Pengiriman pada tahun 2014 berdasarkan sewa 20 tahun untuk consortium pengembangan Guará Norte: Petroleo Brasileiro S.A. (Petrobras), BG E&P Brasil LTDA, dan Repsol Sinopec Brasil S.A.

Sumber: www.offshore-mag.com