Mohon info untuk FPSO yg bakal habis masa tender dan yang mau dijual.

Tanya – BALIMOY

Dear all,

Mohon info untuk FPSO yg bakal habis masa tender dan yang mau dijual.
Thank you.

Tanggapan 1 – Hari Hananto

Ada project baru niy mas ?? Convert tanker ajah mas ke FPSO di tempat saya 🙂 Berapa kapasitas yang dibicarakan niy ??

Tanggapan 2 – ARI SAPUTRA

Kalau boleh tahu,berapa biaya convert (in general/minimum) ke FPSO?
thank you.

Tanggapan 3 – Hari Hananto

Wah, itu sangat – sangat subjektif sekali on each case. Karena kudu dianalisa dalam beberapa hal:

1) Kapasitas vesselnya berapa ? ULCC atau VLCC atau tanker biasa. Karena kapasitas ini juga menentukan amount of worknya e.g. tonnage of steelweight for conversion.

2) Apa requirement dari clientnya, utk berapa ribu Bpod per day productionnya.

3) Contract related issue, whether the conversion is awarded to one contractor or to different contractor.

4) Berapa kapasitas accommodationnya utk berapa crew.

5) Deploymentnya utk di daerah mana, definitely North Sea is more expensive dari Gabon gulf karena kriteria safetynya lebih tinggi dan under harsh environment.

6) dll dll dll, panjang niy listnya. Bisa lebih specifik lagi ??

Tanggapan 4 – zaen@mmhe.com.my

Mas Hari dan kawan-2 Yth.

Aku ikut nimbrung dikit ya, buat pertimbangan pemikiran saja.
Saya ini sedang mengerjakan proyek FPSO yang ukuran kapal panjang 360 meter lebar 50 meter tinggi 50 meter itu terdiri dari 40 item dengan berat mati kapal mencapai 200 000 tons, tetapi yang diconversikan beratnya paling berapa tidak seperti berat keseluruhan kapalkan sekarang ini saya baru menghitung Pipingnya belum kelar. Strukturenya juga belum kelar, jadi biaya belum bisa dicari unit price nya. walau biaya keseluruhan diperkirakan 40 juta dollar amerika, jangka waktu 2 tahun. Kalau bisa buka di internet situs FPSO nanti ada detailnya apa saja item-item tersebut. Demikian barang kali bisa buat pertimbangan, mohon ma’af kalau ada yang kurang pas.

Tanggapan 5 – Hari Hananto

Terima kasih Mas,

Ada sedikit koreksi (mungkin), sepertinya dengan ukuran kapal 360 meter, lebar sekitar 55 – 65 mtr dengan tinggi from flat bottom to the maindeck, excluding accommodation block sekitar 30 mtr, bobot matinya (DWT) adalah melebihi 280,000 ton hingga termasuk kelas ULCC already.

Ok, in conversion of vessel biasanya contractually dibagi dalam 3 bagian besar i.e. Engineering, Procurement dan Contruction (EPC).
EPC contract untuk FPSO dengan size yang diatas, biasanya akan berkisar 210 juta dollar US lebih. PC contract biasanya berkisar 85 juta dollar US.

Bear in mind, the scope is mainly to strip off all the deck equipments, pipings, machineries, Engine room refurbishment and conversion, Turret installation and production.

Kalau scopenya tidak sampai deck demolision, costnya mungkin akan lebih murah.

Satu hal lagi, Deck modules i.e. Boilers, power generator module, deck crane, Subsea module, Water injection module, gas compression module, sand cleaning modules etc are separate and not included in the price. Easily bisa sekitar 40 jt dollar sendiri untuk modules tsb.

Hmm.. cuman gambarannya saja niy, karena nda ada patokan harga utk conversion from tanker to FPSO. Must really build up the price from scratch baru deh dari situ bisa terlihat berapa cost-nya dan amount of reliabilities nya.

Tanggapan 6 – zaen@mmhe

Mas Hari Yth, Juga kawan-2 semua,

Pertama saya mohon ma’af, memang saya salah, keburu replay , Mas hari yang betul, didepan saya memang ada BOQ-untuk FPSO dengan budget 40 juta, ini terdiri dari Demolish, Refurbish and Conversion. ini belum termasuk Engineering ( redesign yang ditangani oleh Design Department ) dan Module yang dikerjakan oleh Engineering Department. dan BOQ( Bill Of Quantity )- dikerjakan oleh Team Ship Building Department ( 40 Juta ). Jadi Untuk keseluruhannya saya belum tahu karena harus cross check dengan atau antar department. alias susah.

Tetapi saya terima kasih di ingatkan / dikoreksi. Saya juga lagi belajar nih baru pertama kali juga bikin Ship Conversion ( Tanker jadi VPSO ).

Namun jangan lupa teman – teman FPSO detail bisa dilihat di internet.

Tanggapan 7 – JKTPET1

Mas Zaen,

Dimanakah alamat situsnya untuk lihat FPSO?
Terima kasih.

Tanggapan 8 – zaen@mmhe

Mas Dika,

Langsung aja dari Internet Explorer diketik FPSO searching enter.
Nah Mas Dika bisa kembangkan searching apa saja mau kita nanti dijawab nya. Kalau boleh tanya sama mas Hari di Cappel pasti banyak ilmu FSO dan FPSO. ada Turrett, , Tandem Morring, wah istilahnya macem-macem, lha wong saya juga baru belajar. Sampai jumpa ya.