API5CT adalah standarisasi untuk Casing & Tubing,artinya pipa ini khusus untuk sumur minyak dan gas (didaerah apapun), tentunya masing masing pipa dng berbagai dari grade,size,pounder,connection serta persyaratan lain seperti kaitan dengan corrosion dan erosion.

Tanya – ‘Andrew’

Saya ingin bertanya tentang pipa jenis API5CT. Adakah rekan-rekan yang tahu spesifikasi pipa jenis ini (SMYS,dll) dan biasanya digunakan untuk apa?

Apakah pipa jenis ini dapat digunakan untuk pipa penyalur gas distribusi atau transmisi? Yang saya tahu jenis pipa yang digunakan untuk pipa penyalur adalah jenis pipa API5L.

Mohon rekan-rekan yang paham dalam bidang ini memberikan penjelasan. Terima kasih sebelumnya.

b>Tanggapan 1 – ‘Toto Widianto’

Pak Andri sebagai informasi awal API 5CT itu adalah Specification for CASING and TUBING biasanya digunakan oleh teman-teman kita di Drilling Department.

Walaupun, saya pernah menggunakkannya sebagai ‘Flowline’ dari well baru. Tapi, kalo nggak kepepet banget saya rekomendasikan untuk tidak memakainya..banyak pusingnya daripada enaknya..yaitu mulai dari Engineering, Procurement sampai Construction and Operation. Sistem penyambungannya sama kayak ngencengin baut, karena ujung yang satu female thread dan ujung lainnya male thread.

Bukunya modelnya sama kayak specification 5L, penuh dengan informasi data teknis, procurement, construction and testing. Cari saja sedikit ulasannya di www.ihs.com.

Semoga membantu.

b>Tanggapan 2 – ‘IGNK Yudi Adnyana’

Pak Andri apa EM nya Project BBSP Balongan yg dikerjakan Rekin? Ok, jika tdk maaf, Setahu saya Pipe jenis yg bapak maksud (API5CT)dipakai hanya untuk Casing & Tubing Pipa Sumur Minyak serta digunakan untuk pengeboran di daerah yang sangat dingin. Pipe / baja tipe ini yang memiliki 2 spesifikasi diantaranya API5CT H40 dan API5CT J55.

Untuk detailnya silahkan bapak lihat di Specification 5CT/ISO 11960, Specification for Casing and Tubing, Eighth Edition, Petroleum and natural gas industries-Steel pipes for use as casing or tubing for wells

American Petroleum Institute 01-Jul-2005 306 pages. Atau di Kratau steel pasti tahu krn mereka sdh produksi pipa jenis ini…

b>Tanggapan 3 – priyo priyo

Mas beta ikut nimbrung API5CT adalah standarisasi untuk Casing & Tubing,artinya pipa ini khusus untuk sumur minyak dan gas (didaerah apapun), tentunya masing masing pipa dng berbagai dari grade,size,pounder,connection serta persyaratan lain seperti kaitan dengan corrosion dan erosion.
Maka agar panjenengan jelas hubungi Bpk Sulasno dng e.mail soelasno@spij.co.id, beliau anggota sub comitee-5 SNI khusunya bidang pembuatan OCTG.
Terimakasih.

b>Tanggapan 4 – Amrullah A. Aziz

mohon pencerahannya lebih lanjut bagi rekan – rekan milis yang mengetahui mengenai penggunaan ‘ Casing and Tubing API 5 CT , apakah jenis ini terdapat di ANSI ?

Kalau ada di ANSI berapa yaach . . . . .