Untuk proses yang menggunakan water blasting ada prosesnya dinamakan hydro tester menggunakan media air. Yang fungsinya untuk mengetahui tekanan pipa sesuai API 5CT setelah proses heat. Treatment. pressurenya Tergantung dari grade plain end pipa tubing/casing dan bisa mencapai 12000 Psi API 5CT table C.46. Yang lebih upgrade prosesnya ada lagi namannya hydro jetting.

Tanya – Bimo Pratomo

Dear Rekan2x Milis,

Mohon info perusahaan fabrikasi atau shipyard di Indonesia yg sudah menggunakan proses Hydro Blasting (Water Blasting). Kalau ada contact person-nya akan sangat membantu.

Saat ini saya sedang melakukan studi kelayakan penggantian proses Sand Blasting dengan Hydro Blasting (Water Blasting) di tempat saya.

Tanggapan 1 – hambroh

Pak Bimo,

Di tenaris spij ada proses hydro blasting untuk pipe seamless dan. OCTG proses. Biasanya hal ini digunakan untuk. Membersihkan ID pipa supaya hilang rusty, pitted dan surface treatment akibat setelah proses. Heat. Treatment. Hanya di sini prosesnya menggunakan sand blasting, sand overslack, alumunium oxide dan steel grade.

Untuk proses yang menggunakan water blasting ada prosesnya dinamakan hydro tester menggunakan media air. Yang fungsinya untuk mengetahui tekanan pipa sesuai API 5CT setelah proses heat. Treatment. pressurenya Tergantung dari grade plain end pipa tubing/casing dan bisa mencapai 12000 Psi API 5CT table C.46.

Yang lebih upgrade prosesnya ada lagi namannya hydro jetting.

Untuk Contact person bisa japri.

Tanggapan 2 – DEFI ARIANTO – boilermaster_boilertech Indonesia

Mantap Pak Hendra,..

Kalo tekanan untuk hydrojetting ada 10.000-40.000psi tergantung yg mau di hydrojetting seberapa tebalnya dan jenis kotorannya. Kalo untuk tube HE sya biasa lancing sampai 15.000psi. Kalo surface preparation kurang juga bgt.Macem2 pak,mau lbh lengkap japri aja biar gak ganggu.

Tanggapan 3 – DEFI ARIANTO – boilermaster_boilertech indonesia

Dear Pak Bimo,

Sekedar menmbahkan, berharap ada dari teman2 yang bisa bantu menjelaskan.

HYDROJETTING :

* Surface Preparation

Prosesnya menggunakan Ultra High Pressure Water jet sampai 35.000psi untuk membersihkan exiting coating, rust and contamination di metal surface .

*Tube internal lancing

Proses sama dengan 10.000-30.000psi dengan fixed dan flexible lances untuk membersihkan kotoran di HE,HEATERS,CONDENSER dan lainnya.

*Internal Tank Cleaning,Vessel,Drum,Tower menggunakan 10.000-35000psi untuk pembersihan Area tertutup,hanya nozzle yang dipakai adalah 3D head.

*Internal Pipe Cleaning sampai 36′ dengan PJB,ROTOFAN dan nozzle sampai 16M dengan tekanan 10.000-25.000psi.

Tanggapan 4 – Gathot

Pak Defi dan Rekan,

Kebetulan saya sdg siapkan bid tender utk HEX tube cleaning setelah operasi dg media air laut. Jika boleh mohon bs diinfokan nama vendor yg bs melakukan tube cleaning krn beroperasi di laut baik dg metode mekanikal maupun chemical via japri.

Tanggapan 5 – DEFI ARIANTO – boilermaster_boilertech Indonesia

Dear Pak Gathot,

Untuk Hydro Blasting (Waterjetting) Bapak bisa japri ke saya aja langsung atau telp ke 081397737142 (PT. BOILERTECH INDONESIA) kebetulan saya adalah spesialis dibidang tersebut.