Pada prinsipnya tidak ada hal khusus yang perlu diperhatikan dalam konstruksi / instalasi flare system. Pemasangan flare stack pada prinsipnya sama dengan konstruksi / pemasangan peralatan yang tinggi seperti tower, column, dsb. Hanya pada saat commissioning / start-up yang mungkin mempunyai ‘perbedaan’ dengan alat yang lain karena memang system pengoperasiannya berbeda.

Tanya – Alvin Alfiyansyah

Dear rekan2,

Saya tidak tahu sub topik pakai title apa sebaiknya…, jadi saya tulis konstruksi saja.
Apakah di antara rekan2 ada yang punya / tahu Flare Installation Procedure di On Shore dari segi konstruksi tanpa melupakan HSE juga seperti apa ?

Step by step kalau ada .

Mohon informasinya dari rekan2 konstruksi atau vendor, informasi lewat japri saja.
Sebelumnya izinkan saya mengucapkan termakasih banyak.

Tanggapan 1 – Putu Mudhita

Saya boleh juga deh diajak diskusi, soalnya saya kebahagian tugas untuk membuat flare system dari gas Ethylene dari suatu tangki ethylene sebanyak 300Nm2/h.

Fungsi utamanya adalah untuk membakar secara sempurna buangan gas ethylene yg ter pressurize akibat adanya Power Failure.

Jadi, jika ada pula yg punya pengalaman dalam mendisain Flare system tsb, saya juga di Japri dong.

Moga aja ini bisa menjadi topik week-end yg menarik.

Tanggapan 2 – ‘Simeon S. Ginting’

Dear Pak Alvin,

Menurut pendapat saya, pada prinsipnya tidak ada hal khusus yang perlu diperhatikan dalam konstruksi / instalasi flare system. Pemasangan flare stack pada prinsipnya sama dengan konstruksi / pemasangan peralatan yang tinggi seperti tower, column, dsb. Hanya pada saat commissioning / start-up yang mungkin mempunyai ‘perbedaan’ dengan alat yang lain karena memang system pengoperasiannya berbeda. Kalau Pak Alvin berminat, saya bisa kirim via japri installation prosedure flare yang pernah kami lakukan.
Sedangkan untuk Pak Putu Mudhita adalah hal yang berbeda karena yang di tanyakan adalah design flare system yang sesuai. Untuk Pak Putu, kalo berminat, kita bisa diskusi lewat japri saja.