Basic-nya semua perhitungan PSV menggunakan API 520/521. ASME hanya sebagai acuan yang diapakai oleh Vendor / Manufacturer untuk memproduksi PSV. Oriface based on ASME akan sedikit lebih besar dibanding based on API. Sehingga Oriface ASME sering disebut actual oriface dari PSV.

Tanya – Dudi Achmad Mauludin

Dear Temen2 Migas,

Numpang tanya mengenai perhitungan/pemilihan PSV. Kapan kita memakai basis code ASME VIII dan kapan kita menggunakan API. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

Tanggapan 1 – fajar tampubolon

Dear Mas Dudi,

Sebenarnya basic-nya semua perhitungan PSV menggunakan API 520/521. Kalau setahu saya ASME itu hanya sebagai acuan yang diapakai oleh Vendor / Manufacturer untuk memproduksi PSV. Oriface based on ASME akan sedikit lebih besar dibanding based on API. Sehingga Oriface ASME sering disebut actual oriface dari PSV.

Teman-teman lain mungkin bisa menambahkan….

Tanggapan 2 – crohandi 09

Pak Dudy,

ASME = Law , sedangkan API = RP (recommended parctice)

Manufacturer PSV mendasarkan design nya pada ketentuan2 ASME ( bukan API) dan badan National Board (NB) punya pemerintah US yang melakukan sertifikasi /pemeriksaan kepada manufacturer apakah design valve mereka sdh memenuhi ketentuan ASME atau belum.

Diantara yang mereka check misal besarnya orifice riil dan coefesien discharge rill (berdasarkan testing)

Misal suatu merk X type A memiliki orifice ‘D’ = 0.113 in2 , Kd = 0.965 (data lengkap nilai riil masing brand PSV bisa di download di www.nationalboard.org )

Formula utk sizing ASME dengan API sama, tetapi sizing ASME merupakan perhitungan riil karena menggunakan nilai riil masing valve berdasarkan certifikasi ASME pada factory valve tsb

Sedangkan sizing API hanya merupakan preliminery sizing, dengan ketentuan umum yang seragam misal sizing gas menggunakan Kd =0.975.

kemudian nilai API orifice sama misal orifice D=0.110 In2.

Tetapi jgn khawatir salah hitung dengan API calculation karena ada jaminan perkalian nilai riil ASME : coefesien discharge (Kd) x orifice (A) akan selalu lebih besar dari Kd x A API.

Jadi utk designer seperti bapak preliminary sizing API calculation sdh cukup.