Sistem Refrigerasi itu ada beberapa macam diantaranya : Sistem Kompresi Uap (Vapour Compression System), Sistem Absorbsi, Sistem Air Cycle, Sistem Thermoelektrik, Sistem Steam Jet.

Tanya – ‘baguspurnomo’

Saya membutuhkan informasi mengenai refrigeration system. Saya akan melakukan presentasi untuk hal itu dan saya masih kekurangan bahan. Mungkin ada diantara bapak-bapak sekalian yang bisa membantu saya dengan memberikan informasi mengenai sistem dan mekanisme refrigeration itu. Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.

Tanggapan – Buhary@myquran

Buat Pak Bagus, mungkin saya bisa membantu sedikit pengetahuan tentang apa yang bapak tanyakan. Sistem Refrigerasi itu ada beberapa macam diantaranya ;

1. Sistem Kompresi Uap (Vapour Compression System). Aplikasi dari Sistem ini yang paling banyak digunakan seperti pada Refrigerator, Freezer, AC, Chiller, dsb. Media pendinginnya berupa refrigeran yang dulu biasa disebut freon dengan komponen utamanya berupa Kompresor, Kondensor, Alat Ekspansi , Evaporator dan Sistem kontrol.

2. Sistem Absorbsi, Pada sistem ini sama seperti pada sistem kompresi uap, hanya saja menggunakan pasangan refrigeran seperti ammonia dan air. komponen utamanya berupa Generator, Absorber, Kondensor dan Evaporator.

3. Sistem Air Cycle, Aplikasi sistem ini pada pesawat terbang

4. Sistem Thermoelektrik, sistem ini memanfaatkan cold sink pada suatu komponen elektronika jika dialiri arus listrik. kapasitasnya sangat kecil, aplikasinya pada box pendingin yg bisa dibawa kemana-mana atau pada kendaraan.

5. Sistem Steam Jet

6. Dll.

Untuk lebih jelasnya bapak bisa buka situs www. ashrae.com atau cari buku PRINCIPLES OF REFRIGERATION karangan Roy J. Dossat