Select Page

“Pressure stuffing box tergantung dari impeller type dan discharge pressure minus suction pressure.
1. Vane back impeller : Suction box press = suction press + 25% differential pressure.
2. Balance hole impeller : Suction box press = Suction press + 10% differential pressure.
3. Double suction impeller : Suction box pressure = Suction pressure.

Tapi untuk penentuan yang tepat ya memang harus pasang Pressure Indicator di stuffing box.”

Tanya – Toto Al Wastoyo

Hello Bapak2, Ibu2
Kami menggunakan vertical centrifugal pump untuk transfer ethane dichloride dari underground tank, suction pressure : 0.2barg and discharge pressure: 5.5barg. Mechanical sealnya : John Crane double seal dengan light oil sebagai barrier fluid. Kami kesulitan menetapkan seal pot pressure karena tidak ada data sheet untuk stuffing box pressure nya.

Adakah formula (lain) untuk menetapkan stuffing box pressure dan apa reference-nya?

Catatan bahwa rekan mechanical kami memakai formula sebagai beikut untuk menetapkan centrifugal pump (exc-API pump) stuffing box pressure = suction pressure + 25% differential pressure. Layaknya saya orang Operation (selalu saja tidak percaya..he2..) karena menurut saya untuk mendapatkan accurate value hanya dgn diukur langsung pada saat pompa operasi dgn tapping ke stuffing box di flush port nya. Mohon bantuannya dari para ahli dan terima kasih.

Tanggapan – Rofiudin rofi@sulfindo

Pak Toto,

Untuk menentukan tekanan di stuffing box dari rekan anda sudah benar, tetapi saya tambahkan lagi ya sbb :

Pressure stuffing box tergantung dari impeller type dan discharge pressure minus suction pressure.
1. Vane back impeller : Suction box press = suction press + 25% differential pressure.
2. Balance hole impeller : Suction box press = Suction press + 10% differential pressure.
3. Double suction impeller : Suction box pressure = Suction pressure.

Tapi untuk penentuan yang tepat ya memang harus pasang Pressure Indicator di stuffing box.

Terus untuk pressure yang applykan, saya pernah baca (lupa literaturnya) bahwa tekanan di blocking liquid/barrier liquid/lubricating liquid atau ada juga yang menyebut buffer liquid sebesar 2 ~ 4 bar di atas pressure bagian dalam casing pompa dan dicontrol oleh needle valve dan syarat lain juga bahwa blocking liquid harus dipertahankan suhunya 30% lebih rendah dari temperatur dimana blocking liquid tersebut menguap pada tekanan atmosfer——> contoh: kalau dipakainya air, ya maximal temperatur air tersebut 70 deg C.

Omong-omong saya tertarik dengan Lubricating fluid bapak yang menggunakan light oil dan akan di beri pressure (API plant 53/54?), apakah kalau seal bagian dalam bocor oli diperbolehkan mencampuri liquid yang dipompa (di ijinkan oleh pihak produksi, atau bahkan produksi tidak “ngeh” dengan hal ini?). Karena di pabrik kami juga sama desaignnya menggunakan lubricating oil, double seal, pressurize dan karena pihak produksi saya tunjukkan beberapa liquid yang sering dipakai sebagai blocking liquid di tolak semua, maka selama belum ketemu barrier fluid yang cocok (EDC dan VCM) ya akhirnya saya jadikan unpressurize (API plant 52)dengan mengubah type seal yang dilengkapi pumping ring.

(Sekaligus bertanya kalau ada yang tahu atau punya pengalaman barrier fluid yang diijinkan untuk EDC or VCM).

Semoga bisa membantu,

Share This