Mohon bantuan rekan-rekan milist saya sedang mencari software untuk  menghitung methane number, jika rekan mempunyai software tersebut




Tanya – Abdurrahman abdur@ptsdk


Yth. Rekan-Rekan Milist
Mohon bantuan rekan-rekan milist saya sedang mencari software untuk  menghitung methane number, jika rekan mempunyai software tersebut
mohon dikirim ke japri.


Tanggapan 1 – nazaruddinmohsaid


Pak Abdurrahman,
Itu Software buat ngitung BTU gas fuel bukan? (Biasanya saya Pake yg seperti itu buat gas engine saya, klo lama stand by nya, biar gampang hidup. Klo yg seperti itu saya punya, ntar saya copyin/send, klo memang yg seperti itu).


Tanggapan 2 – Abdurrahman abdur@ptsdk


Yth. Pak Nazar,
Ya Pak Nazar, software tersebut untuk hitung btu fuel gas engine.



Tanggapan 3 – Waskita Indrasutanta@wifgas


Ada berbagai macam software yang secara komersial digolongkan sbb:

1.    Freeware adalah software yang bisa didapat secara FOC (free of charge) atau cuma-cuma, dan boleh dibagi-bagikan secara bebas.

2.    Shareware adalah software yang bisa didapat secara FOC (free of charge) atau cuma-cuma, dan boleh dibagi-bagikan secara bebas, akan tetapi Pengembang/Pembuat software mengharapkan kerelaan Penggunanya untuk memberikan kontribusi (umumnya sukarela) kepada Pengembang/Pembuat-nya.

3.    Licensed software hanya boleh dipergunakan setelah membeli license dari software tersebut. Umumnya licensed software di-protect dengan license key (soft atau hard key). Software (tanpa license) boleh di-copy dan diberikan kepada orang lain, tetapi license tetap harus dibeli waktu akan dipergunakan. License key tidak boleh dibagi-bagikan.

Jadi, software boleh dibagi-bagikan dan tergantung dari golongan komersialnya, ada yang tidak harus membayar, ada yang harus membayar license.