Select Page

Anda akan mendapat pengalaman sesuai jurusan yang Anda ambil meskipun ditempatkan di Procurement. Kalau di Badak, Anda akan mendapat request pembelian barang dari user/pengguna barang, kadang spec-nya lengkap, kadang anda harus mendevelop sendiri spec yang sesuai dengan kebutuhan dan tersedia di pasar. Tersedia di pasar ini nanti banyak yang bisa dipelajari 🙂
Kemudian kalau memang masuk di job desc Anda, me-lead proses tendernya. Setelah ada pemenang, Anda akan memonitor delivery-nya. Dalam proses delivery, Anda yang harus mengatur proses2 seperti apakah perlu Factory Acceptance Test atau cukup Site Acceptance Test, memeriksa kesesuaian spec dsb. Dunia kerja yang sangat menarik!

Tanya – Desmon desmonpetrus

Perkenalkan, nama saya desmon, fresh graduate Electrical Power Hari jumat yang lalu saya interview di Tripatra, dan saya ditempatkan di bagian procurement yaitu pembelian barang.

Yang ingin saya tanyakan, apakah saya akan mendapatkan pembelajaran/pengalaman sesuai dengan jurusan elektro jika dibandingkan saya ditempatkan di bagian engineering ?
karena yang saya pikirkan, procurement adalah kegiatan untuk membandingkan barang, memilih yang sesuai, dan membeli barang. Sementara di bagian Engineering ialah melakukan rekayasa dari suatu plant.

Tanggapan 1 – Ardianto H

Satu kaki anda akan berada di operation dan satu kaki lagi berada di legal. Tugas anda menanalisa kebutuhan peralatan dan jasa yang diperlukan operation jadi ilmu engineering anda sangat diperlukan sekali. Setelah itu anda harus menuangkan dalam kontrak dan jasa bersama team anda terutama dalam hal legal. Setelah itu anda juga harus mengatur dan memimpin tender dengan vendor penyedia jasa dan peralatan. Disini anda bertugas menjawab semua pertanyaan vendor secara engineering. Anda nanti juga berhubungan dengan logistic untuk mengamati stock baran dan material apa yang harus anda beli segera.

Contoh gampangnya, operation pingin dibelikan alat untuk mencatat yang bisa dijinjing. Maka tugas anda menganalisa Ipad, Galaxy Note dll secara technical dari spec yg ada dan harga yang paling reasonable sesuai budget. Anda juga harus tahu cara kerjanya. Anda juga bersama sama dengan team legal membuat tender dan kontrak pengadaan yan bagus agar suplier barang tiruan china tidak bisa masuk.

Tanggapan 2 – Taufik M. R. Taufik@badaklng

Desmon,
ya, akan mendapat pengalaman sesuai jurusan yang Anda ambil meskipun ditempatkan di Procurement. Kalau di Badak, Anda akan mendapat request pembelian barang dari user/pengguna barang, kadang spec-nya lengkap, kadang anda harus mendevelop sendiri spec yang sesuai dengan kebutuhan dan tersedia di pasar. Tersedia di pasar ini nanti banyak yang bisa dipelajari 🙂
Kemudian kalau memang masuk di job desc Anda, me-lead proses tendernya. Setelah ada pemenang, Anda akan memonitor delivery-nya. Dalam proses delivery, Anda yang harus mengatur proses2 seperti apakah perlu Factory Acceptance Test atau cukup Site Acceptance Test, memeriksa kesesuaian spec dsb. Dunia kerja yang sangat menarik!

Tanggapan 3 – [ InYotHeA ] inyoclubs

Banyak yg dapat digali di procurement, seperti yg kak taufik jelaskan tadi……..jadilah procurement yg smart, pelajari spesifikasi/rfq yg dikeluarkan oleh engineering team dan have discussion with them…..jangan hanya terima mentah”…….maka anda akan banyak belajar.

Tanggapan 4 – Kuwat Riyanto

Desmon,
Betul sekali apa yg diungkapkan pak MUhammad Rahman Taufik (MRT) karena ilmu akan sangat bermanfaat bila anda ikhlas menjalani, percayalah itu posisi terbaik saat ini yg dipilihkan Tuhan untukmu dimasa sekarang dan masa depan. Pekerjaan saya sekarang jg tidak sama persis dengan background kuliah saya dulu.

Tanggapan 5 – Desmon desmonpetrus

Terima kasih buat sarannya, Milis ini sangat membantu.

Share This