NEMA 4X digunakan outdoor untuk Corrosion resistant , tetapi dengan factory  Sealed modifikasi atau Positive pressure , NEMA 4X akan comply dengan Class I,Div-2,Group D.




Pembahasan – budhirahardjo2000

Dear All,

Menjawab pertanyaan rekan milis mengenai NEMA 4X sejauh ini NEMA 4X digunakan outdoor untuk Corrosion resistant , tetapi dengan factory  Sealed modifikasi atau Positive pressure , NEMA 4X akan comply dengan Class I,Div-2,Group D.



Tanggapan 1 – Budhi, Swastioko (Singgar Mulia)



“tetapi” nya itu pak Budhi yang perlu diperhatikan. Seperti misalnya kalau dalam suatu panel kita melakukan positive pressure (teknik ini sudah jarang diaplikasikan di dalam mayoritas panel instrumentasi), yah kategorinya sudah tidak hazardous lagi dong… Begitu juga dengan factory sealed modification seperti hermetically sealed.



Tanggapan 2 – Fauzul JOB @ tripatra


Kayaknya masalah utama adalah requirement spek tidak complete ngomongnya.

Saya dulu pernah ngalami seperti itu juga. Hanya saja penyeleseian akhir waktu itu adalah menggeser posisi panel ke luar dari area hazardous.

Karena meski dimodif sekalipun akan menimbulkan resiko maintenance, selain kalo mau bikin NEMA 7 delivery jadi lama.

Makanya sebenernya disinilah art untuk menyeleseikan masalah yang ada.

Menghindari resiko ada dua cara : mencegah peralatan tersebut agar tidak kemasukan gas sehingga saat terjadi percikan selama switching tidak menjadi sumber ledakan, atau emang mau bikin panel sedemikian rupa sehingga saat ada ledakan panel tetep kuat (nema 7). Jadi tergantung tujuan akhir, mau panel yang kalo diledakin cuek atau buat panel yang jangan sampe menjadi sumber ledakan.

Yang susah memang saat ada di platform. Ruang yang tersedia sempit. Hehe….pusingnya kayak mikir renov rumah kita yang kecil aja…



Tanggapan 3 – budhirahardjo2000


Deal All,

Memang seharusnya yang paling tepat adalah NEMA 4X/7, tetapi kenyataan  EPC kontraktor akan berusaha untuk mengurangi Cost dengan melakukan  MODIFIKASI di-project saya ” Current Project Saat ini ” juga melakukan  modifikasi dengan Factory Sealed/Positive Pressure dilengkapi dengan  Breather And Drain dan dalam spesifikasinya mengatakan demikian tidak  disinggung mengenai NEMA 4X/7.Saya kira dari segi cost mungkin jauh  lebih murah dengan ” 4X modified”, rata-rata kontraktor akan memilih  cara ini.(Termasuk dalam Katalog yang disinggung hanya cenderung pada  NEMA 4X)

Demikian info tambahan dari Pak Budhi.


Tanggapan 4 – Arief Rahman Thanura


Pak Budhi,

Sebetulnya bisa menimbulkan misleading kalau mengatakan NEMA-4X/7 adalah metode paling tepat. Untuk Class I Div-2 metode yang bisa digunakan cukup banyak. Bahkan kalau misalnya ada requirement untuk onlime power pada saat maintenance, maka NEMA-7 justru bukan metode yang tepat. NEMA-7 sebenarnya diperuntukkan untuk instalasi di Class I Div-1 (Otomatis bisa untuk Class I Div-2) di mana explosion diperkenankan terjadi
pada peralatan electronic-nya. Makanya pada posisi enclosure terbuka, power harus dimatikan (Off) karena porteksinya sudah tidak efketif lagi. Jadi tidak ada yang paling tepat. Yang bisa dikatakan adalah bahwa masing-masing metode diaplikasikan dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi dan bergantung specific requirement site-to-site.


Untuk Class I Div-2 banyak sekali metode proteksi yang bisa dipakai, salah satunya adalah Positive Pressure (Biasanya disebut Purging System) seperti email anda di bawah. Menyimpulkan bahwa purging dipilih supaya ngirit cost, bisa saja betul, bisa saja tidak. Siapa tahu ada reason khusus yang pada saat pelaksanaan proyek sehingga akhirnya memilih purging system.

Kalau anda tidak menemukan di NEMA, anda bisa refer ke NFPA dan IEC yang mengatur mengenai Protection system untuk purging system.

Mengenai istilah “4X modified”, menurut saya secara terminology kurang tepat dan tidak pernah dipkai serta bisa membuat misleading. Sebaiknya digunakan istilah yang commonly dipakai dan supported by standard.

Thanks,