Fungsi kayu agar sewaktu boom rest tidak ada kontak metal dengan metal yang bisa merusak boom atau menimbulkan percikan api.
mungkin bisa digunakan kayu batang kelapa, karena kayu kelapa lumayan tahan cuaca dan atmosfer laut..

Tanya – Muktiadi Rahardjo

Dear rekan-rekan Migas,

Saya sedang mencari kayu Ulin untuk boom rest crane di offshore. Mohon advice vendor atau cara “menyiasati” karena sepengetahuan saya kayu ulin (atau kayu besi) ini sekarang adalah jenis yang dilindungi.
Akan tetapi spesifikasi ini sudah termaktub di dalam kontrak kami dengan end user.

Apakah kayu memiliki spesifikasi mechanical properties sama halnya dengan baja, dll? Apakah interchangeable dengan kayu jenis lain? Serta apakah harus lewat Perhutani untuk mendapatkan sertifikasinya?
Tidak efektif menurut saya bila harus beli bermeter2 kubik sementara pemakaian boom rest dikali jumlah platform tidak terlalu banyak. serta pengolahan jenis kayu yang super keras ini juga agak sedikit complicated.

Terima kasih banyak sebelumnya atas informasi dan advice-nya. Mohon maaf bila pertanyaannya terlalu mendasar atau OOT.

Tanggapan 1 – Jurie Sulistio Kumara
Pak Mukti,
cari persamaan kelas kuat kayu. kayu kelas merupakan tingkat ketahanan alami suatu jenis kayu terhadap kekuatan beban/mekanis. Ulin bisa di kategorikan golongan kayu kelas I, persamaannya bisa kayu jati, bangkirai, sonokeling, dll.
Kalau masih kesulitan, alternatif mungkin bisa menggunakan hard rubber/  rubber fender atau material sebangsa teflon.

Mohon maaf jika kurang berkenan.

Tanggapan 2 – Teguh Santoso

Fungsi kayu agar sewaktu boom rest tidak ada kontak metal dengan metal yang bisa merusak boom atau menimbulkan percikan api.
mungkin bisa digunakan kayu batang kelapa, karena kayu kelapa lumayan tahan cuaca dan atmosfer laut..

Tanggapan 3 – hotna70
Mungkin next kalau itu digunakan terus menerus(sering)apa tdk dicoba dgn bahan Rubber yg kekenyalannya khusus spt digunakan pada dermaga2 yg biasa disebut karet mati? Bentuknya mungkin bisa special order?

Tanggapan 4 – arief rachman

Pak Muktiadi,

Kayu juga memiliki properties pak,
coba lihat di:
http://tropix.cirad.fr/asia/asia.html

saya belum ketemu spec Ulin, tapi seingat saya Ulin memiliki SG >0.9 yang cukup mendekati mungkin BANGKIRAI (se-kelas dengan ULIN yang ber kelas Awet I, sesuai SNI 03-6839-2002) BALAU, JATI juga bisa jadi pilihan.
dan kayu juga interchangeable, konskuensi hanya durabilitynya yang menurun saya rasa.